Senin, 18 Januari 2016

Dawet Magelangan Pasar Ngasem




Dawet tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita, minuman dingin dengan isian butiran – butiran yang terbuat dari tepung beras, ada juga yang terbuat dari sagu / tepung kanji . Tidak bisa dipungkiri ketika kita bilang dawet, maka yang ada dibenak kita dan sering dijumpai adalah dawet ayu Banjarnegara atau dawet ireng Purworejo. Tapi tahukah kalian jika di kota tercinta kita  – Magelang –  ada juga minuman dawet yang super duper enak rasanya ? Ya .. Dawet Magelangan yang ada di Pasar Ngasem dan telah ada sejak tahun 1960an.


dawet magelangan dengan banyak isian, tinggal pilih mau komplit atau sesuai selera

tetes gula jawanya tidak sekental dawet banjarnegara, tapi manisnya sangat terasa



Berawal dari Alm Bu Wartinah yang pertama kali menggelar jualan minuman dawet ini di Stasiun Passar ( sekarang Komplek Pertokoan PJKA Jl. Jend Sudirman ), kemudian pindah di depan garasi bus Sumber Waras di Jl. Pemuda / Pecinan ( saat ini sudah menjadi Hotel Sumber Waras ), dan sempat juga pindah di Gang Anoman Samban ketika dawet ini dipegang oleh putri ke 4. Tidak begitu lama pindah lagi geser ke Barat di pinggir Kali Manggis yang diikuti dengan munculnya pedagang – pedagang lain sehingga berdirilah Pasar Ngasem. Saat ini Dawet Magelangan dipegang oleh putri ke 2 yaitu Bu Suparti , yang lebih dikenal dengan nama Sukarti gara – gara salah cetak nama di banner dan publikasi di koran yang pernah meliputnya. Yang unik lagi adalah adanya embel – embel Cowek, ketika saya tanya kenapa namanya Sukarti ( Cowek ) dengan tertawa – tawa geli ibu itu menjawab kalo cowek itu nama paraban atau nama panggilan saja biar gampang diingat hehehehehe ( tapi saya masih  penasaran .. kenapa yang dipilih cowek ? ).


banner Dawet Magelangan .. tercetak Sukarti tetapi yang benar namanya Suparti



Yang istimewa dari Dawet Magelangan ini adalah isiannya. Jika Dawet Banjarnegara atau Dawet Purworejo isiannya hanya dawet saja dengan variasi rasa nangka atau durian dan kadang ada pelengkap tape ketan, maka Dawet Magelangan isiannya beragam, selain dawet ada camcao, cendol tepung beras, pleret, irisan roti tawar dan tape ketan, kuahnya menggunakan santan yang lumayan kental sedangkan untuk pemanisnya menggunakan tetes gula jawa . Dan semangkok Dawet Magelangan komplit itu hanya di bandrol dengan harga Rp 2.000,- saja , sangat murah untuk menikmati segar dan enaknya Dawet Magelangan ini.


satu mangkok penuh dawet magelangan ini hanya dibandrol Rp 2.000,- saja

isinya komplit :  tape ketan, camcao, cendol, roti tawar, pleret serta kuah santan dan tetes gula jawa

pleret, si kenyil - kenyil enak

Bahan – bahan Dawet Magelangan ini dibuat sendiri oleh Bu Suparti. Cendol atau dawetnya menggunakan tepung beras pilihan sehingga dawetnya terasa enak sedangkan pleretnya menggunakan tepung beras ketan. Begitu juga dengan camcaonya dibuat sendiri , juga tape ketan hijaunya. Sedangkan tetes gula jawanya menggunakan gula jawa asli tanpa campuran pemanis lainnya. Satu – satunya isian yang tidak dibuat sendiri adalah roti tawar. Ketika saya tanya kenapa tidak buka cabang atau jualan di tempat lain, jawabannya sungguh membuat saya trenyuh. Ternyata anak – anak Bu Suparti ini tidak tertarik untuk jualan dawet, mereka memilih bekerja di bidang lain. Bahan – bahan untuk jualan dawet yang merupakan buatan sendiri sepertinya membuat mereka kerepotan. Sangat disayangkan jika nantinya Dawet Magelangan ini hanya tinggal nama dan kenangan saja. Tidak seperti kuliner khas  Magelang lainnya seperti Sop Senerek atau Kupat Tahu yang bisa mudah dijumpai , Dawet Magelangan ini hanya ada satu – satunya di Pasar Ngasem saja, entah sampai kapan jika memang tidak ada lagi penerusnya yang mau berjualan. Kalian belum pernah merasakan Dawet Magelangan ini ? Sempatkan untuk mencicipi nikmat dan segarnya Dawet Magelangan, hanya saja kalo kesana usahakan pagi, karena biasanya jam 10 an ke atas isian sudah tidak lengkap bahkan kadang sudah habis .
dawet / cendol dari tepung beras yang dibuat sendiri   

 camcao yang dibuat sendiri terasa segar
 ramah melayani pembeli


Petunjuk ke lokasi :
Dari Jl Sriwijaya masuk ke Jl / Gang Rama...ada gang kecil pertama belok kiri .

3 komentar: